Senin, 09 Juli 2012

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Kita tentunya dalam keseharian lebih suka dengan aneka resep makanan hewani ketimbang sayuran, padahal tubuh juga butuh asupan gizi yang berasal dari sayuran. Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh jika diolahnya tepat.
Berikut adalah manfaat Brokoli bagi kesehatan:

  • Menurunkan Kolesterol
    Masak brokoli dengan cara direbus dapat mengoptimalkan manfaat brokoli terutama untuk menurunkan kolesterol, karena memiliki kandungan serat yang tinggi yang secara perlahan akan membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Disamping itu, serat dalam brokoli berdampak positif bagi asam empedu dalam saluran pencernaan.
  • Membantu Detoksifikasi
    Brokoli mengandung zat glucoraphanin, gluconasturtiian serta glucobrassicin. Ketiga zat tersebut merupakan pendukung langkah proses detoksifikasi dalam tubuh. Selain itu molekul detoks yang terdapat pada brokoli mampu menghancurkan racun dalam tubuh.
  • Mempunyai Kadar Glikemik Indeks Rendah
    Glikemik Indeks merupakan tingkatan pangan dalam skala 0-100 yang menunjukkan seberapa cepat suatu bahan pangan meningkatkan kadar gula darah. Brokoli mempunyai kandungan GI rendah yaitu 10, sehingga cukup baik jika dikonsumsi terutama oleh penderita diabetes.
  • Mengatasi Kekurangan Vitamin
    Brokoli mengandung kombinasi vitamin A, vitamin K serta vitamin D yang berperan penting dalam menjaga metabolisme tubuh. Selain itu brokoli juga bisa menjadi pilihan makanan ideal bagi untuk menjaga berat badan ideal.
  • Mengurangi Dampak Alergi
    Brokoli mengandung kaempferol yang bermanfaat untuk mengurangi dampak alergi pada tubuh.
Ayo jangan ragu untuk mengkonsumsi brokoli sebagai camilan sehat anda

2 komentar:

  1. wah baru tahu ternyata brokoli mengandung vitamin A, selama ini aku kirain vitamin A itu dari wortel aj, nice info gan :)

    BalasHapus
  2. Brokoli juga sering dipakai untuk berbagai resep makanan yang menggunakan sayuran, karena brokoli rasanya juga enak :)

    BalasHapus